Ada Berita Apa?
Monggo Disimak...

Mulai Terjadi Peralihan Nonton Televisi Gunakan Perangkat Mobile

Minat penonton televisi Indonesia menggunakan perangkat mobile seperti smart TV, desktop, tablet, smartphone terus mengalami pertumbuhan.

Salah satunya adalah Mivo yang memberikan layanan live streaming channel. Dalam waktu sebulan, terdata 8 juta view.

Aplikasi mobile Mivo pun sudah di download lebih dari 2,99 juta pengguna android.
"Pengunjung Mivo awalnya dari luar Indonesia. Seiring akses internet yang makin baik, awal tahun 2015 ini Indonesia berada di peringkat pertama yang pengakses Mivo dan kebanyakan berasal dari mobile devices," kata Budi Yuwono selaku “VP of Strategy and Innovation of Mivo di Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Melihat evolusi yang terjadi, Mivo mengembangkan Personal Live Streaming melalui siaran Hotspot yang lebih fokus kepada face recognition.

"Host membangun personal connection dan emotional engagement dengan penonton yang kebanyakan adalah WNI di luar negeri. Dalam siaran 3 jam saja, Hotspot bisa menerima lebih dari 30 call via skype," katanya.

Melihat hal ini, setelah mengembangkan live streaming TV channels, Mivo akan mengembangkan personal live streaming yang lebih engage dan bukan sebatas nonton online.

Kedepannya, para penikmat live streaming atau video online juga akan bergeser untuk ikut menjadi bagian dari para pembuat konten. Akan semakin tipis batas di antara mereka.

"Artinya, tidak hanya televisi yang memiliki kesempatan untuk memiliki konten dan pemirsa, namun masyarakat pun memiliki kesempatan untuk dapat berada di posisi sebagai pembuat konten dan memiliki pemirsa / fans," katanya.

Melihat kemungkinan ini, Mivo sebagai live streaming platform, tidak hanya akan menjadi platform untuk live streaming TV channels namun menjadi platform personal live streaming yang didukung dengan integrasi social media di dalamnya.

"Personal connection and emotional engagement akan menjadi kunci dari daya tarik konten," katanya.

Mivo adalah pioneer live streaming channel pertama dari Indonesia, sejak tahun 2009. Mivo telah di-akses di lebih dari 100 negara dengan rata-rata kunjungan mencapai 45 juta per-bulan.

Saat ini, tersedia lebih dari 40 saluran TV yang dapat dinikmati di Mivo, baik website maupun aplikasi.

Tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga dari beberapa negara sekitar seperti United Arab Emirates, Iranian, Jerman, dan India.

"Saluran TV yang tersedia pun tidak hanya berisi konten berita, hiburan, pendidikan, religi, namun juga saluran tentang kesehatan," katanya.

Beberapa saluran TV yang ada di dalam Mivo, yaitu : SCTV, tvOne, Beritasatu, Bloomberg TV Indonesia, The Indonesia channel, Jak TV, O-channel, Elshinta TV, Cahaya TV, Aswaja TV, dan beberapa channel Indonesia lainnya.

Juga channel dari negara lain seperti Press TV dari Iranian, DW TV dari Jerman, dan Medibiz TV yang merupakan saluran kesehatan pertama di dunia, dari United Arab Emirates (UAE). (Eko Sutriyanto)

0 komentar:

Posting Komentar